Kamis, 22 April 2010

Tugas Organisasi dan Metode 7

1. sebutkan perbedaan antara keputusan dengan pengambilan keputusan ?
2. sebutkan dan jelaskan proses pengambilan keputusan ?
3. menurut pendapat saudara mana yang lebih baik mengambil keputusan sendiri atau mengambil keputusan dengan cara sekelompok? jelaskan?
4. mengapa setiap orang yang membuat suatu keputusan selalu di hadapkan dengan kondisi certainty risk dan uncertainly, jelaskan pendapat saudara ?


jawab :
1. Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan – kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya.

Pengambilan keputusan adalah suauti proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang ada. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan.

2.proses pengambilan keputusan :
- Identifikasi masalah : Memahami atau mengerti masalah apa yang sedang dihadapi.

- Analisis lingkungan yang relevan : Meneliti lingkungan sekitar dari masalah yang dihadapi.

- Mengembangkan alternatif keputusan : Memperbanyak jalan pilihan untuk mengambil keputusan.

- Memilih alternatif yang baik : Memilih pilihan yang sesuai dengan tujuan dari pengambilan keputusan.

- Melakukan implementasi : Menerapkan atau melaksanakan hasil keputusan tersebut.

- Memonitor keputusan : Mengawasi apakah hasil keputusan berjalan dengan baik atau tidak.

3. Menurut saya pengambilan keputusan yang terbaik adalah dengan cara mengambil keputusan secara kelompok, karena setiap orang dalam kelompok tersebut mengeluarkan pendapatnya masing-masing. jika pendapat kita dilaksanakan tidak berjalan dengan baik.

4. karena, jika kita dihadapkan pada kondisi yang certainly (pasti) maka keputusan itulah yang akan kita digunakan sebagai jalannya. Risk (resiko) adalah kesempatan setiap kemungkinan yang akan terjadi serta hasilnya. Jika kita dihadapkan dengan kondisi yang uncertainly (tidak pasti), setidaknya keputusan kita tersebut dapat dijadikan alternatif seandainya kandisi tersebut benar-benar terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar